Girls’ Generation

Girls’ Generation (소녀시대; Sonyeo Shidae) adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Mereka juga dikenal dengan nama SNSD atau SoShi (소시), keduanya merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Taeyeon,Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.

Girls’ Generation sudah mulai menarik perhatian di awal karir mereka lewat lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You”, namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat singel “Gee”, yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan. Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti “Tell Me Your Wish (Genie)”, “Oh!, “Run Devil Run”, dan “Hoot”. Pada tahun 2011, mereka kembali ke kancah musik Korea dengan lagu “The Boys” yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital. Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan berhasil mengantarkan mereka meraih titel “The Nation’s Singers” dan “The Nation’s Girl Group”. Sisa Journal menamakan grup ini sebagai entertainerpaling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai grup wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut. Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada tahun 2011.  Forbes juga menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainersdi Korea Selatan untuk tahun 2011

Girls’ Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan labelNayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka “Tell Me Your Wish (Genie)” dan “Gee”. Album pertama mereka di Jepang, Girls’ Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon. 

Pada bulan April 2012, S.M. Entertainment membentuk Girls’ Generation-TTS, sub-unit pertama grup ini yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Album mini mereka, Twinkle, berhasil mencapai peringkat ke-126 di Billboard 200 yang merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-pop di chart tersebut sampai saat ini. 

Pada Januari 2013, kelompok melakukan comeback di Korea dengan album studio keempat (enam keseluruhan) I Got a Boy, yang segera menjadi hits domestik dan global, menerima all-kill pada chart Korea dan debut di #1 di chart Billboard “World Albums”. Peluncuran album ini diikuti dengan serangkaian pertunjukan live. Kelompok ini juga akan memulai Second Japan Arena Tour mereka pada Februari 2013.

GEE

Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan singel pertama “Gee” segera dirilis. “Gee” menempati tempat pertama di chart musik Cyworld pada hari perilisan. Lagu ini juga menempati nomor satu di semua chart musik utama digital dalam dua hari. Video musik membuat rekor pada perilisan, mengumpulkan satu juta tontonan di GomTV di bawah satu hari. Kelompok memulai promosi album ini pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core dimana mereka menyanyikan singel utama baru mereka “Gee” dan track “Himnae (Way To Go)”, lagu lain dari album mini mereka.

Satu minggu setelah perilisan, “Gee” menempati #1 on KBS Music Bank; namun, pertanyaan itu muncul ketika kelompok tidak muncul di program, dengan menyebarkan desas-desus mengenai keretakan yang mungkin terjadi antaraSM Entertainment dan KBS. “Gee” juga menempati #1 di SBS Inkigayo satu minggu setelah mereka kembali.

“Gee” kemudian menjadi hits fenomenal, memecahkan rekor untuk nomor urut satu menang di KBS Music Bankdengan kemenangan sembilan kali berturut-turut, juga menerima triple crown di SBS Inkigayo. “Gee” pertama dipasangkan dengan “Nobody” oleh Wonder Girls untuk terpanjang #1 di portal musik M.Net (6 minggu). Lagu ini kemudian memecahkan rekor dengan tetap di atas pada minggu ketujuh, dan tetap dalam posisi bertahan untuk minggu kedelapan. Juga dipasangkan kemudian memecahkan rekor terpanjang #1 di Music Bank, mengalahkan rekor 7 minggu yang sebelumnya ditetapkan oleh Jewelry pada 2008 dengan “One More Time”. “Gee” achieved its ninth #1 on the show on March 13, 2009.

SM Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 eksemplar dari album mini yang dikirim ke toko, sedangkan penjualan perusahaan analis Hanteo melaporkan penjualan lebih dari 30.000 eksemplar dalam 10 hari pertama peluncurannya. Lagu ini juga menunjukkan kekuatan pada grafik lainnya, menempati tempat pertama di chart Mujikon, Melon dan Mnet untuk delapan minggu berturut-turut, chart Dosirak untuk tujuh minggu, chart Muse untuk enam minggu, dan chart Baksu untuk empat minggu. The song also went number one on all major digital music charts within two days. Gee mencapai nomor lagu dari dekade yang diberikan kepada mereka oleh salah satu situs musik online paling populer Korea, MelOn. 

The Boys

Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment mengumumkan bahwa Girls’ Generation akan kembali dengan album Korea ketiga mereka “The Boys. Foto teasermereka memiliki konsep cerita dongeng dan foto pertama yang menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon pada 27 September,JessicaSooyoung dan Tiffany pada 28 September serta YoonaYuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser pertama untuk “The Boys” dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik S.M. Entertainment.

Pengaturan pemandangan mereka di pasar internasional, Girls’ Generation menandatangani kontrak dengan Universal Music Group pada tahun 2011 untuk merilisAmerika Serikat material di bawah Interscope Records. Girls’ Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis album ketiga The Boys lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia termasuk Korea pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa peluncuran album tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera setelah tercapai kesepakatan. Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan dirilis pada 19 Oktober 2011 dan Girls’ Generation akan membawakan lagu “The Boys” untuk pertama kalinya di acara KBS Music Bank pada 21 Oktober.

I GOT A BOY

Pada 1 Januari 2013, Girls’ Generation merilis album studio Korea keempat mereka, I Got a Boy Judul lagu dari nama yang sama menerima ‘all-kill’ di chart musik real-time Korea dalam waktu satu jam rilis. Kelompok ini juga telah menerima khusus didedikasikan untuk comeback mereka pada jaringan Korea MBC berjudul “Girls’ Generation’s Romantic Fantasy“, yang disiarkan pada 1 Januari 2013. Pertunjukan pertama comeback kelompok akan dimulai pada tanggal 3 Januari 2013, pada Mnet M! Countdown. Mereka akan terus mempromosikannya di acara musik Korea selama beberapa minggu.[182] I Got a Boy dengan cepat menerima “all-kill” di chart musik real-time Korea dalam satu jam perilsan. Video musik untuk judul lagu mencapai 10 juta dan 20 juta tampilan pada Youtube dalam 55 jam dan 125 jam, masing-masing, memecahkan rekor kecepatan untuk video K-Pop untuk mendapat tampilan seperti di Youtube.[184] I Got a Boy juga berhasil atas grafik iTunes di berbagai negara Asia dan juga masuk di Top 20 di iTunes’ Top Albums chart. Pada chart Billboard mingguan untuk 19 Januari 2013, I Got a Boydebut di nomor satu dalam chart World Albums, nomor dua di chart Heatseekers Albums, dan nomor 23 di chart “Independent Albums.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s